Cara Menginstall Linux Dual Boot Bersamaan Dengan Windows

Linux adalah sistem operasi yang bersifat gratis dan bebas digunakan untuk keperluan apapun tidak seperti windows yang didapatkan dengan cara membeli lisensi. Belakangan ini banyak sekali kantor yang menggunakan linux sebagai operating sistem komputer mereka, karena linux gratis sehingga dapat menghemat keuangan mereka dan untuk menghindari kasus apabila menggunakan windows crack. Banyak sekali distro linux yang beredar sekarang ini, tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Berikut ini adalah cara untuk menginstall linux ubuntu pada komputer anda :
  • Anda harus mendownload linux ubuntu terlebih dahulu disini.
  • Burn pada CD atau jadikan usb anda menjadi bootable.
  • Pastikan anda memberikan free space pada hardisk anda. Jika kalian sudah memberikan semua space pada drive C dan D. Maka kalian bisa mengambil free space dari drive C atau D dengan cara klik start -> ketik computer management -> storage-> disk management. Klik kanan pada drive C atau D lalu pilih shrink volume, tentukan deh berapa yang mau diambil dan dijadikan free space  (6 GB recommended free space).

  • Masukan kaset ubuntu pada komputer anda, restart komputer anda dan tunggu seperti gambar dibawah ini trus pilih yang install ubuntu.

  • Pilih something else, seperti pada gambar dibawah

  • Linux harus terdiri dari swap dan ext4. Pertama kita buat untuk swap memory terlebih dahulu dengan cara menekan tombol + lalu set logical, set swap dan memory nya tergantung anda, kalo saran saya, samakan saja dengan memory ram anda, misalkan memory ram anda 2GB maka berikan saja 2GB karena fungsi swap memory adalah untuk menampung file apabila ram anda sudah penuh.  Setelah itu set untuk memory ext4, tekan tombol +, set primary, set ext4, set root nya / dan pilih semua free space memory anda, karena itu untuk menyimpan semua file-file linux anda. Jika berhasil akan seperti gambar dibawah.



  • Tekan install now, jika ada masalah maka akan muncul pesan error dan jika tidak maka anda hanya tinggal mengatur lokasi, password dan hal-hal yang pasti anda dapat setting sendiri.
Sekian cara untuk menginstall ubuntu pada dual boot windows, jika kalian menginstall linux selain ubuntu, saya rasa caranya sama yang terpenting anda mengerti jika linux membutuhkan dua memory, yaitu memory swap dan memory ext4, jika anda sudah set kedua memory tersebut saya rasa semua akan baik-baik saja.





4 komentar:

  1. Balasan
    1. boleh, bahkan ga usah ijin juga gpp, asalkan cantumin sumber berupa url artikel ini, terserah mau do follow atau no follow yang penting cantumin sumber ..

      :D :D :D

      Hapus
  2. salam kenal ya om.. happy blogging.

    BalasHapus
  3. download software full version, game, dll gratiss lengkap dehh http://arsoft7.blogspot.com/

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di website sederhana ini, mohon kritik dan sarannya