Cara Memperbaiki Mouse Yang Double Klik

NB : Semua artikel yang ada disini adalah murni pengalaman dari penulis.

Waktu itu pernah sempat jengkel sama mouse logitech yang harga 45 Ribuan beli di enter komputer, selama satu setengah tahun di pakai mouse sudah susah diteken, diteken tiga kali baru ke klik.

Karena lokasi rumah saya yang jauh dari toko komputer, akhirnya saya coba untuk memperbaiki sendiri. Cara memperbaiki mouse yang rusak tidak sulit.

Ada beberapa cara untuk memperbaiki mouse yang klik kiri/kanan yang bermasalah. Cara pertama :


Buka mouse kalian dengan menggunakan bantuan obeng, hingga penampakan seperti gambar diatas.
(gambar yang diambil pake mouse toshiba ane yang udah rusak ga ketolong,  ane sih curiga lempengan ijo nya yg ud bermasalah dan alasan saya tidak menggunakan gambar mouse logitech yang seperti saya ceritakan diatas, karena mouse logitech sudah saya perbaiki, takut hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan anda nanti juga tahu kenapa saya ga mau bongkar lagi mouse yang logitech)


Terus kalian perhatikan gambar diatas, ada tiga komponen yang berwarna hitam dan atas nya ada merah merah(kiri dan dua kanan), itu disebut micro switch, ato yang biasa kalian teken bunyi ceklik, biasa nya kalo mouse tombol klik nya bermasalah, letak masalah nya adalah di microswitch.

Karena tombol kiri saya yang bermasalah, maka yang perlu saya buka adalah microswitch sebelah kiri seperti gambar dibawah.



Sebelum dibuka microswitch nya, kalian harus tau kalo penutup nya terdiri dari penutup dan tombol yang sangat kecil, kalo ditoshiba saya warna tombol nya merah dan penutup nya warna hitam, pada saat pelepasan tutup microswitch, biasa tombol tersebut jatuh.

Jika kalian sudah sampai tahap gambar diatas, kaliam pegang mouse dengan posisi seperti gambar diatas, trus dengan tangan kanan coba kalian tekan tembaga yang paling kiri setelah penyangga warna hitam dengan kuku, nanti mouse akan bunyi ceklik sama seperti anda mengklik mouse anda ketika dengan penutup komplit.

Kalian perhatikan tembaga yang paling kanan, terdapat tonjolan warna hitam diatas dan dibawah, ketika anda menekan tembaga paling kiri, maka tonjolan atas akan mengetuk tonjolan yang bawah.

Karena tombol kiri yang memiliki frekuensi paling banyak diklik, tonjolan warna hitam yang ada diatas dan bawah menjadi haus, kalian cukup gesek-gesek dengan obeng minus yang berukuran kecil.
(untuk hasil yang maksimal kalian lepas tembaga kalian, baru kalian gesek dengan obeng minus, tapi pasang lagi nya yang susah banget!)

Biasanya setelah kalian melakukan hal tersebut, dijamin mouse akan seperti baru lagi.


Cara kedua :
Jika kalian bisa melepas komponen pada lempengan hijau atau menyoldernya kembali, saya sarankan untuk melepas microswitch yang untuk tombol kiri dan microswitch untuk tombol scroll lalu ditukar dan disolder kembali.

Dengan syarat merk atau fisik microswitch serupa, jika kalian kebinggungan dengan tulisan saya, bisa bertanya lewat kolom komentar.

1 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung di website sederhana ini, mohon kritik dan sarannya